Sebagai salah satu perangkat penting pada mobil, roda yang meliputi ban dan pelek patut mendapatkan perhatian dari pemiliknya. Tak sekadar membuat tampilan mobil semakin menarik, penggunaan dan pemilihan pelek harus teliti untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama berkendara.

Dalam pemilihan pelek dan ukuran ban, pemilik mobil kerap melakukan kesalahan dalam menentukan perbandingan ukuran. Umumnya, pengguna hanya mempertimbangkan dari segi model pelek untuk menambah estetika tanpa memperhatikan perbandingan ukuran dan bobot kendaraan yang hendak ditunggangi. Padahal, justru bagian ini yang paling penting demi keselamatan berkendara.

Tersebab hal itu, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan pemilik mobil agar tak keliru dalam melakukan penggantian pelek standar.

Perhatikan unsur keamanan, kenyamanan, dan budget

Hal pertama yang harus diperhatikan pemilik yang ingin memodifikasi pelek adalah memperhatikan unsur keamanan, kenyamanan, dan bujet yang dimiliki.

Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan pakar modifikasi pelek dan kaki-kaki mobil untuk menghindari kesalahan pemilihan pelek. Selain itu, sisihkan bujet setelah mendapatkan pelek dan alokasikan dana untuk membeli ban yang sesuai ukuran pelek, serta biaya perawatannya.

Tips memilih velg berdasarkan spesifikasi yang sesuai menurut https://otomax.id/

Dalam memilih pelek mobil, hal pertama yang harus dilihat adalah ukuran PCD —pitch circle diameter— yang sesuai dengan PCD pada kendaraan Anda.

Selanjutnya, Anda harus menyesuaikan diameter dan lebar maksimal pelek agar tak mentok dengan bibir fender. Lazimnya, ukuran pelek yang dapat ditampung dalam fender mobil adalah penambahan (+)2 atau +3 dari ukuran standar bawaan mobil.

Namun, bila Anda ingin menambah ukuran dengan yang lebih besar lagi, sebaiknya memodifikasi bagian fender mobil yang artinya membutuhkan biaya lebih besar lagi.

Perhatikan bahan dasar velg

Meski banyak pelek yang didesain sebegitu menariknya, Anda harus memperhatikan penggunaan material pelek. Sebagai acuan, kebanyakan pelek standar menggunakan material yang terbuat dari logam berat atau bahan dasar baja.

Namun, di pasaran Anda akan menemui pelek di pasaran berbahan billet, forged alloy, atau magnesium dengan bahan logam yang lebih ringan. Di sini Anda harus jeli dalam memilih bahan pelek dengan material kuat yang tidak mudah rusak.

Anda dapat berkonsultasi dengan pakar atau para penjual pelek terpercaya untuk mendapatkan jenis velg dan ukuran yang pass sehingga tidak mengorbankan faktor keamanan dan kenyamanan.

Memilih model desain  yang menarik dan sporty

Saat Anda menentukan model pelek yang menarik untuk mobil, yang harus dipahami adalah tipe pelek dalam hal ini, yaitu pelek jenis one piece dan multi piece.

Pelek one pieces adalah pelek solid utuh dengani bobot yang sedikit lebih berat. Pelek jenis ini biasanya diperuntukkan untuk modifikasi pemelaran pelek di rentang ukuran 16 hingga 18 inci.

Sementara pelek three pieces merupakan pelek dengan bagian-bagian yang dapat dilepas dan diganti bila ada kerusakan. Pelek yang digunakan untuk pemelaran ukuran lebih besar yakni 19-22 inci ini, memiliki banyak pilihan model serta bobot yang lebih ringan.

Modifikasi pelek berlebihan dapat menggugurkan klaim asuransi

Bagi Anda yang ingin mengubah ukuran pelek standar mobil dalam kondisi sedang diasuransikan, pastikan agar Anda tidak melakukan perubahan secara berlebihan.

Bawa kendaraan ke cabang atau kantor asuransi Anda dan laporkan perubahan apa yang dilakukan. Jangan sampai modifikasi yang pada mobil kesayangan menggugurkan klaim asuransi pada kemudian hari jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *